Sepak bola dulu dan sekarang

5-sepak-bola

Beberapa negara mengklaim jadi penemu olah raga sepak bola. Sepak bola menjadi olah raga paling populer di dunia dan jadi olah raga yang paling banyak ditonton dan dimainkan di setiap sudut dunia mana pun juga. Jika melihat pada awal mula olah raga ini ditemukan, sepak bola jauh sekali dari bentuk olah raga yang kita kenal seperti sekarang ini.

Para peneliti sejarah menmukan sebuah bola yang terbuat dari tengkorak babi di Cina yang diisi oleh bulu binatang yang diperkirakan jadi cikal bakal sepak bola di Cina. Sementara itu, di Jepang juga ditemukan bahan yang serupa yang diperkirakan biasa digunakan untuk bermain menandang-nendang sebuah target menggunakan benda yang menyamai bola.

Jejak olah raga sepak bola juga terekam di bangsa Romawi kuno yang menggunakan ajang olah raga ini sebagai tempat untuk membuktikan kekuatan para prajurit tentara mereka.

Catatan sepak bola modern terdekat ditemukan di Inggris di tahun 1300’an. Saat itu permainan bola biasa dilakukan oleh banyak orang di jalanan dan kota-kota besar di Inggris dan sering kali penyelenggaraan pertandingan tersebut mengganggu kenyamanan publik sehingga King Edward saat itu bahkan memberikan larangan bagi siapa saja yang ingin bermain bola. Pada tahun-tahun tersebut, permainan bola jauh dari bentuk sepak bola yang kita kenal saat ini. Tidak ada strategi, tidak ada aturan yang ada hanyalah puluhan orang berjibaku memperebutkan satu bola yang dimainkan. Dengan format permainan seperti ini tidak heran banyak sekali para pemain yang cidera dan bahkan harus kehilangan nyawa mereka saat bermain bola.

Aturan permainan mulai dikeluarkan pada tahun 1848 oleh sekelompok pakar sepak bola di London. Dari situlah awal mula sepak bola modern mulai berkembang. Setelah diberlakukannya aturan ini muncul juga beberapa badan penyelenggara sepak bola resmi dalam wujud FA. Karena inisiatif yang diambil oleh Inggris ini tidak heran jika sepak bola modern yang kita kenal saat ini dianggap berasal dari Inggris. Sementara FIFA sendiri baru dibentuk beberapa puluh tahun setelahnya tepatnya pada tahun 1904.