Fakta menarik tentang sepak bola

9-sejarah-sepak-bola

Dengan sejarah yang sangat panjang dan juga evolusi bentuk permainannya, sepak bola tentu memiliki banyak sekali cerita menarik dalam dan luar lapangan yang layak diketahui. Di bawah ini adalah beberapa sejarah menarik tentang sepak bola.

Football League pertama

Sudah diakui jika kompetisi liga yang pertama kali dikelola secara professional di dunia adalah Football League (Inggris) di tahun 1888. Kemudian, liga ini terdiri dari 12 klub yang semuanya berada di dataran Inggris utara dan tengah. Pemenang pertama dari kejuaraan liga ini adalah Preston North End.

Di tahun 1992 dengan hadirnya perusahaan raksasa dari Sky (sekarang Sky TV), maka tim-tim kelas atas membubarkan diri dan membentuk liga mereka sendiri yang dikenal dengan Liga Primer FA.

Saat ini, Football League yang asli memiliki 3 divisi yang disebut; Championship, Division 1 dan Division 2.

Sehingga saat ini Inggris punya total 4 liga sepak bola professional, dengan tim-tim yang promosi atau degradasi di masing-masing divisi tergantung dari raihan poin mereka di akhir musim.

Piala FA pertama kali (FA Cup)

Final FA Cup pertama dimainkan di Inggris di tahun 1872 antara Royal Engineers dan Wanderers di depan hadapan 2000 penonton. Wanderers keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0 sebagian karena Royal Engineers – yang merupakan favorit – kehilangan satu pemain karena cidera, di menit-menit awal, dan harus bemrain hanya dengan 10 pemain karena saat itu pergantian pemain belum diperbolehkan. “Challenge Cup”, seperti yang dikenal sekarang, merupakan ide dari tuan C. W. Alcock dari Sunderland yang mengajukan format awal turnamen ini yang kemudian diubah namanya menjadi FA Cup.

Pertandingan sepak bola internasional pertama

Pertandingan sepak bola internasional pertama dimainkan antara Skotlandia dan Inggris di Glasgow, Skotlandia tangagl 30 November 1872, di hadapan 4000 pentonon. Hasil pertandingan tersebut berakhir imbang tanpa gol. Dan 110 pertandingan yang dimainkan antara tahun 1872 dan 1999 ketika pertandingan dilarang, Skotlandia telah memenangkan 41 pertandingan, Inggris 45 pertandingan, dan 24 pertandingan berakhir dengan hasil imbang.